Recent Posts

Pages

Friday 4 September 2015

Potret Pendidikan di Indonesia


Pendidikan. Pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau kemajuan yang lebih baik. Dengan kata lain Setiap manusia memerlukan pendidikan Guna  merubah taraf hidup dan memberikan kemajuan bagi manusia itu sendiri. Pendidikan merupakan dasar  dari kemajuan suatu bangsa. Dengan sumber daya manusia yang terdidik maka suatu negara bisa mencapai kemajuan bahkan bisa menguasai dunia, baik dibidang teknologi, dibidang produksi dan yang lainnya. Untuk mewujudkan itu semua, setiap negara mempunyai instansi pendidikan yang bertujuan untuk memberikan pendidikan bagi warga negaranya. Bahkan BBC merilis 10 negara dengan pendidikan terbaik di dunia, berikut daftar negara tersebut :
  1. Singapura
  2. Hongkong
  3. Korea Selatan
  4. Jepang
  5. Taiwan
  6. Finlandia
  7. Estonia
  8. Swiss
  9. Belanda
  10. Kanada 


Lalu bagaimana degan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini???

Ternyata indonesia hanya berada diatas Ghana, yaitu diurutan ke enam puluh sembilan. Disaat Negara-Negara di Asia mengalami peningkatan dalam hal sumberdaya manusia dan pendidikannya, Indonesia hanya mampu berada di atas Ghana. Miris sekali...


Hal ini terjadi karena di Indonesia Pendidikan belum bisa dirasakan oleh semua warga negara nya dan juga kurikulum di Indonesia merupakan terberat di Dunia.
Berbicara tentang pendidikan dan warga negara, dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat (1) menyatakanbahwa 'Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan'.

Apakah undang-undang ini sudah terlaksana? Jawabannya BELUM. Belum semua warga negara indonesia mendapatkan pendidikan. Seperti gambar anak jalanan dibawah ini, mereka sangat menginginkan pendidikan, tapi dengan kondisi ekonomi keluarganya mereka tidak memperoleh pendidikan seperti yang didapatkan anak-anak pada umumnya. Kondisi Ekonomi??? Bukankah di indonesia Pendidikan sudah di GRATIS kan? Apalagi untuk keluarga yang tidak mampu??




Ya, Di Indonesia sendiri ada Program pendidikan Gratis, juga ada kartu Indonesia Pintar yang sudah mulai diberikan untuk keluarga yang tidak mampu agar bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Tapi masalahnya tidak semua keluarga yang kurang mampu itu mendapatkan bantuan seperti ini. Dengan kata lain tidak terjadi pemerataan dalam penyaluran bantuan pendidikan di Indonesia.
Selain terhambat masalah ekonomi, Pendidikan juga tidak didapat oleh warga negara ditempat tertinggal, terpencil, terluar, bahkan di daerah perbatasan.

Dengan ini Pemerintah diharapkan bisa memberikan pendidikan yang layak bagi seluruh warga negara indonesia tanpa memandang dari segi apapun. Hakikatnya semua manusia wajib mendapatkan pendidikan tanpa mengenal suku, agama, golongan, status ekonomi, dan lain sebagainya. Dengan ini diharapkan pendidikan di indonesia bisa lebih maju lagi, mutu pendidikan dan standar pendidikannya bisa di tingkantkan lagi. Supaya bangsa indoensia memiliki sumberdaya manusia yang terdidik yang kelak akan membawa kemajuan bagi bangsa indonesia ini. Majulah Pendidikan Indonesia, Majulah Bangsa Ku.









No comments:

Post a Comment